Tuesday, January 7, 2020

Filled Under:

Membina Kesatuan Dan Persatuan

Membina Kesatuan Dan Persatuan

Kesatuan dan persatuan adalah modal dasar dalam membangun silaturrahmi, karena itu mari kita hindari segala macam ketidaknyaman yang disebabkan kurangnya dalam memahami ayat-ayat Allah yang salah satu fungsinya memang sebagai petunjuk bagi yang memerlukan. Perlu diketahui bahwa kesatuan dan persatuan tidak turun begitu saja dari langit seperti air hujan, akan tetapi harus diupayakan. Tanpa diupayakan maka akan ada saja masalah bila masing-masing warga tidak mmampu menhan diri melakukan tidakan yang menyebabkan ketidaknyaman bagi warga lain.

Segala tindakan yang tidak berlandaskan ajaran agama yang jelas yang menimbulkan pihak lain  merasa kurang nyaman merupakan langkah awal menuju ketidakrukunan. Tak perlu gembar gembor mengajak rukun kalau dirinya sendiri tanpa identitas jelas mengolok saudaranya sendiri. ini benar-benar kedholiman yang merusak amal baiknya sendiri. naudzu billahi min Dzalika.

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

103. Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.
(Qs: 3 :103 )

0 komentar:

Copyright @ 2013 IKATAN KELUARGA BESAR HAJI ABU BIN HAJI RAIS.